PENCEGAHAN PENYAKIT JANTUNG

On Kamis, 24 November 2011 0 komentar

Penyakit pembunuh nomor satu di dunia ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan buruk kita sehari-hari. Lihat saja sekeliling kita banyak yang tidak perduli dengan kesehatan mereka seperti merokok, minum-minuman, obat-obatan dan lain sebagainya. Sebetulnya penyakit jantung bisa kita cegah sejak dini walaupun anda berpotensi terserang penyakit tersebut. Pencegahan akan lebih baik dari pada mengobati yang belum tentu obat tersebut dapat mengobati hingga sehat kembali. Memang saat ini telah banyak kmajuan tekhnologi akan kesehatan dan medis, namun sebaiknya dari pada anda nantinya berobat mengeluarkan biaya yang tidak sedikit pula lebih baik pencegahan sejak dini akan lebih bermanfaat nantinya.
Pencegahan
1. Pola hidup
Banyak orang yang tidak memperhatikan yang satu ini, pola hidup sehat sebetulnya bukan hanya hidup sehat dengan memakan makanan yang higenis namun masih banyak lagi yang mencakup akan hal ini. Kebiasaan sehari-hari kita juga menentukan kesehatan kita kelak waktu tua, ya walaupun sekarang belum terlihat dampaknya. Hal pertama yang harus anda lakukan usahakan hindari kebiasaan-kebiasaan yang buruk seperti merokok, miras, candu dan lain sebagainya. Sebab kebiasaan-kebiasaan tersebut jika tidak anda cegah sejak dini maka akan berdampak pada kesehatan anda nantinya.
2. Olah raga
Menurut anda olah raga sangat perlu atau tidak? jawabannya sangat perlu sekali, namun yang kita lihat saat ini banyak orang yang sibuk dengan kesehariannya sehingga lupa akan olahraga untuk kesehatan tubuhnya. Memang dalam kesibukan kita akan lupa dengan kesehatan kita, namun anda juga bisa saat anda bekerja dan ada luang waktu sedikit saja dapat anda gunakan untuk oloahraga walaupun olahraga ringan. Selain itu anda juga dapat saat berjalan waktu berkerja dapat anda gunakan untuk lari-lari ringan agar kesehatan anda tetap terjaga. Sebab dengan olah raga akan membantu kerja jantung anda lbih baik selain itu jika anda kurang aktif dalam berolah raga juga dapat memicu munculnya serangan jantung.
3. Pola makan
Agar menjaga kesehatan jantung anda tetap sehat upayakan hindari makanan-makanan yang berminyak terutama jika minyak tersebut minyak curah yang mengandung LDL (lemak jahat) memicu kolesterol tinggi dan berakibat terkena serangan jantung. Sebaiknya anda upayakan untuk makan-makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran dalam jumlah sembilan porsi setiap harinya. Sebab dalam sayuran dan buah-buahan tersebut kaya akan serat tinggi hingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol jahat (LDL), mengurangi resiko obesitas dan masih banyak manfaat lainnya. Menurut penelitian seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas akan beresiko terkena penyakit jantung.
Saran dari kami usahakan setiap hari anda mengkonsumsi kacang-kacangan sebab dalam kacang-kacangan tersebut mengandung kolesterol baik (HDL) untuk kesehatan tubuh anda. Hindari juga makanan yang terdapat minyak jenuh dan hindari mengkonsumsi gula berlebihan. Selain itu bagi anda yang memiliki penyakit lainnya sebaiknya segera diatasi sebab bisa juga penyakit tersebut menyerang organ lainnya, usahakan juga segera diatasi lebih awal penyakit seperti darah tinggi, ginjal, kolesterol tinggi dan lainnya yang dapat memicu serangan jantung. Jangan lupa juga konsumsi air putih lebih banyak agar kesehatan anda lebih terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar